Orangtua Bakal Dipenjara Jika Anaknya yang Dibawah Umur Berkendara

28
Buktinya India juga melakukan aturan tersebut dan justru menindak tegas para pelanggarnya.
Buktinya India juga melakukan aturan tersebut dan justru menindak tegas para pelanggarnya.

www.HorasSumutNews.com – Terbaru Orangtua dari 10 remaja di India dijatuhi hukuman satu hari penjara karena mengizinkan anak mereka yang masih di bawah umut untuk mengemudi kendaraan bermotor. Kasus ini terjadi di kota Hyderabad, India. Polisi mengatakan, hukuman serupa juga akan dijatuhkan kepada orangtua dari 35 anak lainnya.

Aturan anak tidak boleh berkendara sebelum memiliki Surat Ijin Mengemudi (SIM) rupanya tak hanya di Indonesia saja. Buktinya India juga melakukan aturan tersebut dan justru menindak tegas para pelanggarnya.

Para orangtua ini bukan hanya harus mendekam di tahanan, mereka juga dikenai denda sebesar 500 rupee atau setara dengan Rp 105 ribuan. Selanjutnya anak-anak yang berani mengemudikan kendaraan bermotor sebelum usianya diperbolehkan akan dikirim ke tempat pembinaan khusus. Hal ini dilakukan oleh kepolisian setempat terkait dengan semakin maraknya kecelakaan.

“Saya tidak sadar akan peraturan mengenai mengemudi di bawah umur. Anak laki-laki saya yang berusia 17 tahun membawa motornya untuk mengikuti tutorialnya dan kami dikirim ke penjara.” Kata Shakeel Ahmed salah satu orangtua yang digiring polisi.

Seorang perwira polisi senior mengatakan bahwa dia berharap menghabiskan satu atau dua hari di penjara akan mendorong orang tua untuk berpikir dua kali sebelum membiarkan anak-anak menggunakan kendaraan.

“Dalam dua bulan terakhir, empat anak meninggal di kota karena mereka mengendarai kendaraan. Sebagai bagian dari upaya untuk mengekang kejadian ini, kami telah menghukum lebih dari 1.000 orang atas tuntutan mengemudi di bawah umur,” kata seorang perwira polisi senior.

Ternyata di India tak hanya Hyderabad yang menerapkan aturan tersebut. Daerah lain seperti Bengaluru juga melakukannya sejak tahun 2017. Kala itu sebuah video terkait anak yang berkendara di umur menyebar luas di sosial media.

Kemudian pihak kepolisian setempat mengidentifikasi video sekaligus langsung mencari tahu orang tua si anak. Setelah informasi lengkap didapat barulah orang tuanya ditangkap sementara sang anak dibebaskan setelah mendapat peringatan keras agar tidak mengulangi perbuatannya.


loading...



loading...
Kumpulan Video Buka-bukaan Cewek Zaman Now (Klik Disini)