Kamis, April 15, 2021

Batalkan Pemotongan Gaji PHL dan Kepling, Ihwan Kagumi Sikap Bobby

Horas Sumut News – Wakil Ketua DPRD Medan, Ihwan Ritonga, mengapresiasi sikap Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution, yang peduli terhadap masa depan Pegawai Harian Lepas (PHL) di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Kepala Lingkungan (Kepling).

Ihwan menyebut, apa yang telah ia perjuangkan dulu mengenai penolakan pemotongan gaji PHL dan Kepling didengar oleh Bobby yang notabenenya baru beberapa bulan menjabat.

“Dulu masa Wali Kota yang lama, kita perjuangkan agar gaji PHL dan Kepling jangan dipotong. Alhamdulillah, setelah kita berkoordinasi dengan Wali Kota Medan Bobby Nasution semalam, beliau langsung merespon dan berjanji akan mengembalikan hak-hak PHL dan Kepling seperti sediakala,” ungkapnya kepada Waspada Online, Rabu (24/3).

Ihwan menambahkan, PHL dan Kepling memiliki peran penting bagi berjalannya roda pemerintahan di Pemerintah Kota Medan. Sebab, mereka merupakan ujung tombak pemerintah yang perlu diperhatikan kesejahteraannya.

“Pemerintah pusat belum ada meresmikan perekrutan PHL menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja). Keberadaan PHL ini benar-benar sangat membantu kerja-kerja aparatur di kantor-kantor pemerintahan,” ujarnya.

“Begitu juga dengan Kepling, Wali Kota mengetahui keluhan atau kebutuhan warganya itu melalui perantara Kepling, kemudian diteruskan ke lurah, camat hingga ke meja Wali Kota. Itu artinya, Kepling peran yang sangat vital. Wajar saja kalau Pemerintah Kota Medan mensejahterakan mereka,” tambahnya.

Meskipun begitu, kepada PHL dan Kepling, Ketua DPC Partai Gerindra Kota Medan ini meminta keduanya untuk maksimal lagi dalam bekerja. Dukung program-program Wali Kota Medan Bobby Nasution menjadikan kota ini semakin berkah.

“Bekerja harus ikhlas. Jangan ada lagi didengar pungli-pungli di masyarakat. Jadikan program Medan Berkah semakin dicintai masyarakat,” pungkasnya.

Untuk diketahui, pemotongan gaji PHL dan Kepling tertuang dalam surat edaran nomor 900/0647 tertanggal 9 Februari 2021 tentang pengurangan gaji kepling dan pegawai harian lepas. Namun surat tersebut dibatalkan dengan terbitnya surat edaran baru No 900/2112 tentang honorarium PHL Pemko Medan yang ditandatangani Sekda Kota Medan Wirya Alrahman per tanggal 23 Maret 2021.

Berdasarkan surat edaran No.900/0647 besaran gaji PHL di jajaran Pemko Medan sebesar Rp3.000.000. Jumlah tersebut masih harus dikurangi iuran BPJS Ketenagakerjaan Rp187.200 dan untuk iuran BPJS Kesehatan Rp150.000. Sehingga jumlah bersih yang diterima sebesar Rp2.662.800.

Sedangkan isi surat edaran No.900/2112 honorarium PHL Pemko Medan T.A 2021 sebesar Rp3.329.867. Dipotong iuran BPJS Ketenagakerjaan sebesar Rp207.784, iuran BPJS Kesehatan Rp166.493 dan terima bersih Rp2.955.590.

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles