Kamis, April 15, 2021

Kenapa Orang Madura yang Merantau Jualan Sate?

Horas Sumut News – Orang Madura yang merantau ke daerah lain dikenal memilih usaha jualan sate. Sate ayam madura terutama, menjadi sajian familier pada masyarakat Indonesia. Terdapat alasan di balik orang Madura rantau yang memilih menjual sate. Pensiunan Peneliti Balitbang Provinsi Jawa Timur Kadarisman Sastrodiwirjo menjelaskan fenomena tersebut.

Sate menjadi bagian budaya Madura Sate madura yang sering ditemui adalah kuliner khas Madura yang sangat dekat di hati para penduduknya. “Sate di Madura itu bisa dikatakan sebagai makanan khas. Orang Madura sangat dekat dengan sate. Sebagai salah satu olahan makanan yang sering dibuat dari zaman dahulu,” jelas Kadarisman Sastrodiwirjo kepada Kompas.com, Jumat (26/3/2021). Mantan Wakil Bupati Pamekasan periode 2003-2008 dan 2008-2013 ini juga menyatakan bahwa leluhur orang Madura memiliki jiwa maritim. “Coba perhatikan pasti di setiap daerah itu ada orang Madura yang merantau. Karena memang dari zaman dahulu, orang Madura sudah memiliki jiwa pelaut dan seorang perantau,” paparnya.

Selain itu, pria yang akrab disapa Dadang menjelaskan bahwa orang Madura memiliki keuletan dan keterampilan yang luar biasa. Dadang mengatakan bahwa orang Madura memiliki keuletan yang sangat tinggi karena mereka hidup di tanah gersang. “Jadi di Madura jenis tanahnya itu kering. Tumbuhan sukar untuk ditanam di sana. Walaupun juga ada padi dan lain-lain tapi orang Madura harus kreatif agar bisa menyambung hidup,” ujar Dadang. Tanah yang gersang membuat masyarakat di sana harus kreatif untuk memanfaatkan sumber daya alam yang lain. Kondisi tanahnya yang gersang, masyarakat Madura lebih memilih menyantap hewan ternak dan ikan laut. Sehingga, hewan ternak seperti kambing, sapi, dan ayam banyak diolah menjadi sajian khas daerah setempat. Salah satunya diolah menjadi sate. Sate yang dekat dengan masyarakat Madura akhirnya dibawa dan dijual di daerah lain. “Masyarakat Madura yang merantau itu akhirnya menjual sate sebagai salah satu makanan khas dari Madura. Alasannya ya karena sate sangat lekat dengan masyarakat Madura,” paparnya.

Kepopuleran sate madura sampai ke tingkat dunia. Aurra Kharishma pada ajang National Costume Competition Miss Grand International 2021 mengenakan kostum sate ayam madura. Kostum yang dikenakan Aurra Kharishma meliputi kaus bergaris merah dan putih yang merupakan pakaian khas Madura. Kemudian juga tampak penutup kepala berbentuk tusuk sate lengkap dengan dagingnya. Aura juga mengenakan kostumnya dalam bentuk sate di atas piring yang sudah siap dihidangkan, lengkap dengan irisan bawang merah, cabai, dan jeruk nipis. Di bagian rok tampak seperti tempat pemanggang sate, lengkap dengan hiasan tusuk sate dan karet terlihat menonjol di bagian belakang.

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles